Wednesday 25 January 2017

Langkah-langkah Install aplikasi di dalam Software Center dan di luar Software Center.




Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall aplikasi di Linux Ubuntu. Instalasi aplikasi di Linux Ubuntu ada 2 cara yang pertama di dalam Software Center dan yang kedua di luar Software Center. 
  • Didalam Software Center saya akan menginstall Alarm Clock.
  • Diluar Software Center saya akan menginstall Sublime Text.
Sebelum menginstall aplikasinya kita harus tau fungsi dan kegunaan aplikasi itu sendiri. Fungsi :
1. Alarm Clock adalah jam alarm yang penuh fitur yang berada di area notifikasi. Hal ini mudah digunakan namun kuat dengan dukungan untuk beberapa dan berulang alarm, serta tertidur dan sistem pemberitahuan yang fleksibel.Dua jenis alarm yang didukung: Jam Alarm dan Timer. Pemberitahuan dilakukan dengan baik memainkan suara atau meluncurkan aplikasi.
2.  Sublime text adalah teks editor berbasis Python, sebuah teks editor yangelegan, kaya fitur,cross platform, mudah dan simpel yang cukup terkenal dikalangan developer (pengembang), penulis dan desainer. Para programmer biasanya menggunakan sublime text untuk menyunting source code yang sedang ia kerjakan. Sampai saat ini sublime text sudah mencapai versi 3.

Sekarang kita langsung saja menginstall aplikasi nya.

Jika sudah di install OS Linux Ubuntu nya kita klik pencarian yang di atas lalu ketik terminal jika sudah masuk di terminal ketikan seperti gambar di bawah ini biar kita masuk sebagai root.




Berhubung saya menggunakan Ubuntu 14.04 maka kita harus mengupdate dulu biar penginstalan aplikasi berjalan dengan lancar. Masukan perintah apt-get update. Atau seperti gambar di bawah ini lalu tekan Enter.



Dan ini hasil yang saya update tadi.


Sekarang kita mulai tahap penginstalan aplikasi nya di dalam Software Center. Kita masuk saja ke Software Center dengan mengklik logo seperti coper, seperti ada gambar huruf A dan berwarna orange.

 Jika sudah masuk di sana banyak aplikasi-aplikasi, dan disini saya akan menginstall aplikasi alarm clock.  



Dan sekarang kita Install aplikasi nya dengan mengklik Install di pinggir kiri.



Jika sudah klik Install maka akan muncul gambar seperti di bawah ini dan masukan password root nya dan klik Authenticate.



Dan tunggu sampai penginstalan nya selesai. 




Jika sudah selesai, kita lihat saja aplikasi yang tadi kita install apakah sudah terinstall atau tidak dengan cara klik di pencarian dan ketikan nama aplikasi yang kita install tadi.
   



Setelah kita menginstall aplikasi yang di dalam software center, sekrang kita menginstall aplikasi yang di luar software center.
Kita download dulu aplikasi yang di luar software center dengan berekstensi .deb dan disini saya akan menginstall aplikasi Sublime Text jika sudah di download kita cek apakah ada file yang akan kita install.


Kita masuk ke terminal lagi. Berbuhung file aplikasi nya ada di Unduhan maka kita harus masuk du lu ke unduhan dengan ketik di perintah di bawah ini. Jika sudah kita install aplikasi nya dengan perintah seperti gambar di bawah ini.


Jika sudah selesai maka kita cek aplikasi itu dengan mengklik pencarian lalu ketikan nama aplikasi nya / disini saya menginstal sublime text maka ketikan sublime text.



Dan ini aplikasinya.
Sekian dari saya, Semoga bermanfaat :-)
Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered by Blogger.